Rabu, 29 April 2009

Pertemuan 1 Lanjutan

Pertemuan 1

Dos/ DDoS Salah satu serangan yang sering digunakan oleh seorang penyerang adalah dengan menggunakan Denial of Service (Dos), yaitu membanjiri computer target dengan sejumlah permintaan yang sangat banyak. Apabila computer target tidak mampu mengatasi permintaan tersebut, maka akan mengakibatkan crash atau hang. Contoh dari serangan ini adalah Ping Of Dead, UDP Flood, Land Attack, Syn Attack, Terdrop, dan Smurf Attack .

• Dos (Denial of Services) adalah suatu teknik serangan yang digunakan untuk memakan atau menghabiskan resources yang dimiliki oleh computer target/ sasaran, baik berupa processor, memori, ataupun bandwith. Namun pada umumnya yang paling sering diserang adalah bandwith.
• DDos (Distributed Denial of Services) adalah suatu teknik serangan yang dilakukan secara bersamaan baik dari suatu wilayah ataupun dari berbagai wilayah di dunia yang terhubung dengan suatu jaringan.

Hacker
Hacker merupakan seseorang yang ingin memasuki sebuah system untuk mencari informasi, data atau file dengan tujuan mencari kelemahan yang ada pada system tersebut.
Karakteristik hacker:

1. Menguasai pemrograman tertentu dan seluk-beluk jaringan.
2. Senang mempelajari hal-hal baru yang berhubungan dengansistem keamanan.
3. Dapat dengan mudah dan cepat mempelajari pemrograman.
4. Dapat menghargai hasil karya hacking orang lain.
5. Mengerti cara mencari kelamahan pada suatu system tanpa harus mengganggu kinerja dari system tersebut.

Hacker memiliki persamaan karakteristik dengan cracker, yaitu sama-sama menguasai pemrograman dan mengerti jaringan computer. Yang membedakannya adalah cracker melakukan kegiatannya tersebut untuk maksud jahat, memperoleh keuntungan atau sebab lain karena merasa mendapat tantangan dari cracker yang lain. Bisa juga disebabkan karena ingin menunjukan keahlian serta kepintarannya pada orang lain, sehingga mendapat pengakuan dari dunia underground atau dunia cybercrime.

Password Cracker
Jenis dari password cracker adalah sebagai berikut:
• Brute Force
Suatu cara yang digunakan dengan mengombinasikan kemungkinan huruf dari a-z, A-Z, dan Angka 0-9.

• Dictionary
Suatu cara dalam memecahkan suatu password dengan membandingkan kemungkinan dengan kata-kata yang telah terdaftar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar